Selasa, 17 April 2012

PANEN RAYA IKAN PATIN


BUPATI KAPUAS Ir. H. MUHAMMAD MAWARDI, MM., PANEN RAYA IKAN PATIN  PROGRAM PUMP DI DESA BASARANG PADA TANGGAL 10 APRIL 2012    

Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) kelompok pembudidaya ikan “Basarang Harapan Kita” dan kelompok pembudidaya ikan lainnya di kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas telah dilakukan pemanenan. Pelaksanaan pemanenan dilakukan secara perdana oleh Bupati Kapuas Ir. H. Muhammad Mawardi, MM., didampingi oleh Dirjen Budidaya ikan dan Unsur Muspida beserta SKPD Kabupaten Kapuas. 

Pelaksanaan panen raya Program PUMP 2010 pada hari Selasa, 10 April 2012  jam 13.00 WIB bertempat di desa Basarang Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas pada Kelompok Pembudidaya Ikan “Basarang Harapan Kita”.
Pada pelaksanaan panen raya PUMP budidaya ikan patin dengan agenda kegiatan Temu Wicara dan Panen Raya, diawali sambutan Bupati Kapuas Ir. H. Muhammad Mawardi, MM., dengan sambutannya bahwa “Program PUMP merupakan program pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang berbasis agrobisnis dan agro industri menuju pada pembangunan masyarakat Kabupaten Kapuas yang Aman, Mandiri, Sejahtera dan Tangguh (Amanah). 

Pada kesempatan ini pula diadakan temu wicara dengan pembudidaya ikan, dalam kesempatan temu wicara masih banyak problem khususnya dalam pencapaian Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB), pengadaan bibit ikan patin, sarana dan prasarana budidaya. Namun demikian merupakan kebanggaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya disampaikan kepada pemerintah, atas bantuan dan binaan yang selama ini diberikan kata ketua kelompok pembudidaya ikan "Basarang Harapan Kita".

Pada pelaksanaan panen raya ikan patin Program PUMP  mendapatkan hasil cukup baik, karena pada masa tebar 5 bulan ikan mencapai berat badan rata-rata 600-700 gram per ekor.

Dengan adanya program PUMP tersebut pembudidaya ikan sangat merasa terbantu dari segi permodalan dan hasilnya dapat membantu perekonomiannya.

Harapan ke depan sebagaimana disampaikan oleh Bupati Kapuas "Pemodalan ini bisa dikembangkan dan diharapkan lebih berkembang lagi, sehingga dengan modal yang ada masyarakat setempat bisa ikut menjalankan dan menikmati hasilnya. 

pernyataan tersebut senada dengan apa yang telah dijalankan oleh kelompok pembudidaya ikan di desa Basarang selama ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar